Pages

Anda dapat mempublikasikan sebagaian atau keseluruhan dari artikel ini dengan ketentuan :
  1. Mencantumkan sumber tulisan dengan link aktif menuju url penulis : www.onqie.com
  2. Tidak merubah sebagian atau secara keseluruhan isi dari artikel ini .
  3. Tetap membiarkan semua link yang terdapat pada artikel ini .
Terima kasih atas kunjungan dan kerjasamanya .  Keep Posting !!

Monday, February 28, 2011

Seputar Masalah Bisnis Kecil

Tak ada gading yang tak retak ?? ungkapan untuk sesuatu yang tidak sempurna, begitu juga rencana bisnis atau bisnis plan yang sudah anda susun dengan sedemikian rupa.  Bisnis rumahan atau bisnis kecil yang anda akan realisasikan mungkin akan mengalami banyak kendala. mari kita pikirkan bersama beberapa kendala yang akan kita temui selama membangun bisnisuntuk menghindari atau memperkecil kegagalan bisnis

Ide Bisnis Atau Mencontek
Saya kira ini ide bisnis yang tepat ?? ternyata saya bingung.  ah, kebanyakan dari kita, termasuk saya seringkali melihat keberhasilan seseorang menjadi ide bisnis yang bisa dijadikan ladang uang. tetapi ketika kita mulai memikirkan teknis usaha tersebut, kita mulai menemui jalur buntu, karena tidak memahami akhirnya business plan tersebut menjadi tak berujung, semakin difikirkan semakin rumit.  ide bisnis tidak ditemukan dari keberhasilan orang lain, tetapi kenyakan ide bisnis yang kreatif timbul dari kebiasaan dan kecintaan kita terhadap sesuatu. jadi apakah selama ini anda mencontek ?? masalah bisnis kecil yang paling sering terjadi namun jarang sekali disadari.

Modal Bisnis Selalu Saja Jadi Hambatan
Tidak ada bisnis tanpa modal, tetapi ada bisnis modal kecil.  yang biasa kita sebut dengan bisnis kecil, micro busineess, home industry, home business atau bisnis rumahan.  setiap bisnis pasti membutuhkan investasi berapapun kecilnya.  bahkan ketika mencari lowongan pekerjaan pun kita membutuhkan modal.  modal berarti pengorbanan untuk mendapatkan sesuatu hal yang lebih bernilai.  modal bisa berasal dari mana saja bukan hanya milik pribadi tetapi juga bisa didapat dari pihak lain.  minimnya modal adalah hambatan yang paling sering di bahas dalam sebuah perencanaan bisnis.

Target, Promosi dan Marketing
Apakah obat gemuk akan anda tawarkan pada orang yang bertubuh gemuk ?? bahkan ketika obat gemuk anda tawarkan kepada orang yang bertubuh kurus sebaiknya anda memikirkan cara mempromosikan produk tersebut.  mereka akan merasa anda menghina kondisi fisik mereka.  kesalahan dalam memilih target dan cara mempromosikan bisnis akan menjadikan ide bisnis serta modal bisnis anda sia-sia. 

Financial Management, Skill Pas-pasan
Keuangan anda perlu ditata, ada banyak sekali cerita mengenai usaha kecil yang sukses diawal kemudian kegagalan bisnis begitu cepat datang.  mengapa ??  faktor terbesar adalah management financial yang buruk, tidak cerdas menggunakan modal bisnis atau kekayaan baik berupa uang, atau kekayaan lain.

Kurang Sedekah
Kurang sedekah juga bisa menjadi masalah bagi usaha anda.  hal ini berhubungan dengan simpati lingkungan sosial terhadap bisnis anda, usaha rumahan dioperasikan dilingkungan sosial yang sangat hidup.  buruknya hubungan sosial dengan lingkungan sekitar akan membuat bisnis kecil yang kita rintis selalu asing bagi masyarakat.

beberapa masalah bisnis kecil diatas perlu kita sadari sedini mungkin, jauh sebelum kegagalan bisnis menjadi semakin nyata.

0 comments:

Post a Comment